Tautan-tautan Akses

AS

Badan Transportasi Kanada Cabut Izin Perusahaan Rel Kereta Api


Lokasi bangkai kereta api yang meledak di Lac Megantic, Quebec, Kanada (16/7).

Lokasi bangkai kereta api yang meledak di Lac Megantic, Quebec, Kanada (16/7).

Menyusul kecelakaan kereta api di provinsi Quebec, Kanada, perusahaan itu tidak punya cukup asuransi untuk meneruskan kegiatannya.

Badan transportasi Kanada telah mencabut izin usaha perusahaan rel kereta api yang berbasis di Amerika Serikat, yang kereta pengangkut minyaknya tergelincir dari rel dan meledak di provinsi Quebec serta menewaskan 47 orang.

Badan transportasi itu, Selasa (13/8), mengatakan menangguhkan sertifikat kelayakan bagi jaringan kereta api Montreal, Maine & Atlantic Railway (MMA) dan anak perusahaannya di Kanada, MMAC.

Badan itu mengatakan tidak puas karena perusahaan yang sudah mengajukan permohonan bangkrut sejak bencana 6 Juli itu, tidak punya cukup asuransi untuk meneruskan kegiatannya.

Kereta api yang diparkir itu mengangkut 72 tanker minyak mentah ketika mulai bergerak sendiri dan keluar rel di pusat kota Lac-Megantic. Beberapa tanker meledak dan menghancurkan 40 bangunan. Perusahaan itu menyalahkan masinis kereta api karena tidak memasang rem tangan dengan baik.

Badan transportasi itu mengatakan bencana tersebut menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai meningkatnya penggunaan kereta api untuk mengangkut minyak, termasuk masalah penting tentang asuransi bagi pihak ketiga yang memadai guna menangani bencana besar, terutama pada jalur rel kereta api yang lebih kecil.

Geoff Hare, pemimpin eksekutif Badan Transportasi Kanada dalam pernyataannya mengatakan keputusan ini tidak mudah karena mempengaruhi ekonomi masyarakat di sepanjang jalur kereta api, karyawan MMA dan MMAC, serta perusahaan ekspedisi yang bergantung pada layanan kereta api.

Penangguhan izin itu berlaku efektif 20 Agustus.

Belum ada tanggapan dari pimpinan MMA Ed Burkhardt atas penangguhan itu.

Dalam pengajuan kebangkrutannya, MMA dan mitranya MMAC di Kanada mengutip hutang kepada lebih dari 200 kreditur setelah bencana tersebut.

Kota Lac-Megantic dan pemerintah Quebec telah mengirim gugatan hukum kepada perusahaan jalur kereta api itu dan menuntut ganti rugi bagi kota itu hampir US$8 juta sebagai biaya pembersihan lingkungan.


Nate Moulton, direktur jalur kereta api pada Departemen Perhubungan Maine mengatakan Dewan Transportasi Darat Amerika bisa turun tangan menunjuk seseorang untuk mengoperasikan jalur kereta api itu jika MMA menghentikan layanan kereta api atau jika layanan memburuk.
XS
SM
MD
LG