Tautan-tautan Akses

Kelalaian Mungkin Penyebab Ledakan Tangki Minyak di Kanada


Mobil-mobil yang terbakar hangus terlihat di dekat lokasi ledakan tangki minyak di Lac Megantic, Quebec, Kanada (9/7).

Mobil-mobil yang terbakar hangus terlihat di dekat lokasi ledakan tangki minyak di Lac Megantic, Quebec, Kanada (9/7).

Polisi Kanada menyelidiki kemungkinan penyebab ledakan tangki minyak yang menewaskan belasan orang di provinsi Quebec disebabkan kelalaian.

Polisi Kanada mengatakan sedang menyelidiki kemungkinan bahwa penyebab ledakan gerbong-gerbong tangki minyak yang menewaskan belasan orang akhir pekan yang lalu di sebuah kota kecil di provinsi Quebec disebabkan kelalaian.

Seorang inspektur polisi Selasa petang mengatakan polisi sedang menyelidiki bagaimana kereta api yang diparkir tiba-tiba berjalan sendiri ke arah kota Lac Megantic Sabtu dini hari sebelum anjlok dari rel di sebuah tikungan. Beberapa dari 72 gerbong tangki minyak itu meledak, menewaskan 15 orang dengan 35 orang belum ditemukan.

Menurut para penyidik, kebakaran sebelumnya pada salah satu lokomotif kereta api itu menjadi titik fokus penyidikan. Kebakaran yang segera berhasil dipadamkan itu terjadi setelah masinis memarkir kereta api nahas itu dan memasang remnya, di luar kota Lac Megantic Jumat malam.

Kepala jalur kereta api Montreal, Main & Atlantic, Ed Burkhardt, mengatakan petugas pemadam kebakaran mematikan mesin lokomotif, dan melepaskan remnya. Menurut Burkhardt, itu yang menjadi penyebab kecelakaan.
XS
SM
MD
LG