Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Kereta Pengangkut Minyak di Kanada, 80 Orang Belum Ditemukan


Kecelakaan kereta pengangkut minyak mentah di Lac Megantic (6/7).

Kecelakaan kereta pengangkut minyak mentah di Lac Megantic (6/7).

Laporan media menunjukkan hampir 80 orang diperkirakan masih belum ditemukan dalam kecelakaan kereta yang membawa minyak mentah di kota Lac-Megantic, Sabtu (6/7).

Banyak orang yang masih belum ditemukan di provinsi Quebec, Kanada, sehari setelah kereta yang membawa minyak mentah meluncur keluar jalur dan meledak di pusat kota, menghancurkan puluhan bangunan dan menewaskan sedikitnya lima orang.

Kecelakaan di kota Lac-Megantic di tepi danau itu terjadi Sabtu (6/7) dini hari, ketika pusat kota itu dipenuhi orang-orang yang berakhir pekan.

Para pejabat telah mengkonfirmasi seorang korban tewas, tetapi mengatakan mereka memperkirakan jumlah korban akan bertambah. Laporan media menunjukkan hampir 80 orang kemungkinan masih hilang.

Kecelakaan keluar jalur rel itu menyebabkan empat gerbong dari 70 gerbong yang ditarik oleh kereta itu meledak di tengah-tengah kota, menimbulkan bola api raksasa ke langit. Api membakar puluhan bangunan, termasuk toko-toko dan sedikitnya sebuah bar, dan kebakaran terus berlangsung selama berjam-jam selagi pasukan pemadam kebakaran Kanada dan Amerika berusaha memadamkan kebakaran tersebut.

Kecelakaan itu memaksa hampir 2.000 orang mengungsi dari rumah-rumah mereka - sepertiga dari 6.000 penduduk kota Lac-Megantic.

Penyebab tergelincirnya kereta itu masih belum diketahui. Perusahaan kereta yang mengoperasikan kereta tersebut - Montreal, Maine & Atlantic Railway – mengatakan kondektur kereta telah memarkir kereta itu tak lama sebelum Jumat tengah malam.

Perusahaan itu mengatakan yakin bahwa konduktor menggunakan rem kereta dengan benar, tetapi "beberapa saat kemudian, kereta meluncur bebas," bergerak cepat ke kota "dengan dorongan kereta itu sendiri" sebelum akhrinya tergelincir.

Badan keselamatan transportasi Kanada sedang melakukan penyelidikan terkait insiden ini.
XS
SM
MD
LG