Tautan-tautan Akses

Badai Filipina Melemah, Korban Tewas Mencapai 27 Orang


Rumah-rumah di kawasan Dolores, sebelah timur Samar, Filipina tengah, terlihat hancur terkena hantaman topan Hagupit (9/12).

Rumah-rumah di kawasan Dolores, sebelah timur Samar, Filipina tengah, terlihat hancur terkena hantaman topan Hagupit (9/12).

Hagupit tak menimbulkan bencana separah Haiyan, sebagian karena hampir 1,7 juta penduduk telah diungsikan ke pusat-pusat perlindungan sewaktu badai mendekat.

Sebuah badai Pasifik yang kuat telah melemah dan meninggalkan Filipina, setelah menewaskan 27 orang di negara kepulauan yang kini rentan itu. Topan Hagupit menghantam Filipina Timur, hari Sabtu (6/12), mencabik atap-atap rumah dan memadamkan listrik di seluruh propinsi pantai.

Palang Merah Filipina mengungkapkan angka korban telah mencapai 27 orang, jumlah lebih tinggi daripada perkiraan pemerintah, yang hanya menyebutkan 11 orang sampai hari Selasa (9/12).

Kerusakan paling parah terjadi di propinsi Samar Timur, yang masih berbenah dari malapetaka Topan Haiyan, yang tahun lalu membunuh ribuan orang.

Hagupit tak menimbulkan bencana separah Haiyan, sebagian karena hampir 1,7 juta penduduk telah diungsikan ke pusat-pusat perlindungan sewaktu badai mendekat. Badai itu secara berangsur-angsur reda saat melampaui Filipina tengah, melewati Manila, yang sebagian besar hening bersiaga.

Menjelang Selasa, kekuatan Hagupit menurun menjadi badai tropis, terus bertiup ke barat menuju Laut Cina Selatan.

XS
SM
MD
LG