Tautan-tautan Akses

AS Ucapkan Selamat Kepada Presiden Terpilih Burkina Faso


Roch Marc Christian Kabore merayakan kemenangannya sebagai Presiden Terpilih bersama para pendukungnya di Ouagadougou (1/12).

Roch Marc Christian Kabore merayakan kemenangannya sebagai Presiden Terpilih bersama para pendukungnya di Ouagadougou (1/12).

Amerika Serikat menyampaikan ucapan selamat kepada Burkina Faso atas pemilu yang berlangsung damai dan tertib, yang menjadikan mantan PM Roch Marc Christian Kabore sebagai presiden berikutnya negara itu.

Pernyataan Gedung Putih memuji rakyat Burkina Faso atas komitmen mereka membela prinsip-prinsip demokrasi dan menyatakan bahwa Amerika berharap melanjutkan kemitraan dengan rakyat dan pemerintah Burkina Faso yang telah memanfaatkan peluang untuk menyatukan negara dan memajukan usaha penting memperkokoh institusi-institusi pemerintahan.

Sebelumnya Selasa (1/12), Kabore berterima kasih kepada para pendukungnya atas kemenangannya dan berjanji untuk segera bekerja. Ia mendedikasikan kemenangannya kepada puluhan demonstran yang tewas tahun lalu dalam pergolakan rakyat untuk menggulingkan Presiden yang lama berkuasa Blaise Compaore.

Kabore, mantan sekutu Compaore, memenangkan pemilu hari Minggu dengan meraih lebih dari 53 persen suara, dan menjadi presiden baru pertama di Afrika Barat dalam beberapa dekade. Hasil pemilu parlemen dalam pemilu hari Minggu itu belum dikeluarkan.

Lima juta pemilih terdaftar berhak memberikan suara mereka untuk memilih salah satu dari 14 kandidat presiden. Pemilu itu awalnya dijadwalkan berlangsung Oktober, namun tertunda sebentar karena kudeta militer yang gagal.

Compaore terguling dalam kudeta tahun 2014. Ia pertama kali naik ke kekuasaan secara paksa pada 1987 dan kemudian memenangkan empat pemilu secara berturutan meskipun semua hasilnya dipersengketakan. [ab]

XS
SM
MD
LG