Tautan-tautan Akses

AS

AS Terpilih Lagi Masuk Dewan HAM PBB


Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice menyambut gembira terpilihnya kembali Amerika masuk Dewan HAM PBB (foto: dok).

Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice menyambut gembira terpilihnya kembali Amerika masuk Dewan HAM PBB (foto: dok).

Amerika hari Senin kembali terpilih untuk selama tiga tahun lagi menjadi anggota Dewan HAM PBB dalam satu-satunya kontes pemilihan di badan HAM tertinggi PBB itu.

Amerika bersaing dengan empat negara bagi tiga kursi yang terbuka untuk Kelompok Barat di dewan tersebut. Jerman dan Irlandia juga terpilih oleh Majelis Umum beranggotakan 193 negara itu.

Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice mengatakan negaranya “senang dan bangga karena terpilih lagi untuk masa jabatan kedua selama tiga tahun.”

Pemerintahan mantan presiden Amerika George W. Bush memboikot ketika dewan itu dibentuk karena kecamannya berulang kali terhadap Israel dan penolakannya menyebut tentang pelanggaran HAM terang-terangan di Sudan dan di tempat-tempat lain. Tapi tahun 2009, Presiden Barack Obama yang baru terpilih berupaya bergabung dengan dewan itu, dan mengatakan Amerika ingin ikut membuatnya lebih efektif.

Negara-negara Afrika, Asia, Eropa Timur dan Amerika Selatan mengajukan calon-calon yang tidak diperebutkan, yang berarti calon-calon mereka sudah hampir dipastikan meraih satu dari 18 kursi yang tersedia dalam pemilihan tahun ini dalam dewan beranggotakan 47 negara itu.

Beberapa kelompok HAM mengecam sejumlah calon karena dianggap tidak memenuhi syarat seperti Pantai Gading, Ethiopia, Gabon, Kazakhstan, Pakistan dan Venezuela. Kelima negara Barat yang bersaing adalah Amerika, Jerman, Irlandia, Yunani dan Swedia – semuanya dianggap memenuhi syarat oleh berbagai kelompok HAM.
XS
SM
MD
LG