Tautan-tautan Akses

AS Tak Tahu soal Negosiasi Pembebasan Sandera di Yaman


Yolande Korkie, isteri sandera Afrika Selatan Pierre Korkie yang tewas di Yaman, memberikan konferensi pers di Johannesburg (foto: dok).

Yolande Korkie, isteri sandera Afrika Selatan Pierre Korkie yang tewas di Yaman, memberikan konferensi pers di Johannesburg (foto: dok).

Guru Afrika Selatan Pierre Korkie dan wartawan AS Luke Somers tewas dibunuh oleh para penyandera mereka di Yaman ketika terjadi serbuan oleh pasukan khusus Amerika Sabtu (6/12).

Duta Besar Amerika untuk Afrika Selatan mengatakan Amerika Serikat tidak tahu menahu tentang negosiasi untuk membebaskan sandera Afrika Selatan yang meninggal hari Sabtu (6/12) dalam serangan pasukan khusus Amerika di Yaman.

Duta Besar Patrick Gaspard hari Senin (8/12) mengatakan Washington juga tidak mengetahui bahwa guru Afrika Selatan Pierre Korkie ditahan di tempat yang sama dengan wartawan Amerika Luke Somers, yang penyelamatannya merupakan tujuan dari misi yang gagal itu. Para pejabat Amerika mengatakan kedua orang itu dibunuh oleh para penyandera mereka ketika terjadi serbuan tersebut.

Gaspard menegaskan bahwa Presiden Barack Obama memerintahkan serangan itu karena para militan al-Qaida yang menyandera Somers itu mengisyaratkan akan membunuhnya.

Organisasi bantuan Afrika Selatan Gift of the Givers mengatakan pihaknya mencapai kesepakatan dengan para militan bagi pembebasan Korkie, dan mengatakan kepada keluarganya beberapa hari sebelum serangan itu bahwa ia akan segera pulang.

Jenasah Korkie dijadwalkan akan dipulangkan ke Afrika Selatan pada hari Senin.

XS
SM
MD
LG