Tautan-tautan Akses

Al-Qaida di Balik Serangan Bom atas Rumah Dubes Iran di Yaman


Seorang petugas keamanan Yaman menjaga kediaman Dubes Iran di Sanaa pasca serangan bom Rabu (3/12).

Seorang petugas keamanan Yaman menjaga kediaman Dubes Iran di Sanaa pasca serangan bom Rabu (3/12).

Kelompok militan Al-Qaida di Semenanjung Arab mengaku bertanggung jawab mengebom rumah duta besar Iran di Yaman hari Rabu.

Pesan twitter akun kelompok militan Al-Qaida di Semenanjung Arab itu mengatakan bahwa mereka melancarkan serangan bom mobil hari Rabu (3/12) di rumah Duta Besar Hossein Niknam di Sana'a.

Pejabat Yaman mengatakan Nikman tidak berada di tempat itu ketika terjadi serangan. Jumlah korban tewas belum pasti, tapi sekurangnya 17 orang cedera.

Kantor berita Iran, IRNA mengutip juru bicara kementrian luar negeri Iran Marziyeh Afkham yang mengatakan karyawan kedutaan itu “baik-baik saja” dan kementrian LN Iran sedang melakukan penyelidikan.

Pejuang Muslim Sunni Al Qaida telah memerangi anggota gerakan Houthi, dari kelompok Zaidi yang menyerbu Sanaa bulan September. Al Qaida menuduh kelompok Houthi itu didukung oleh Iran yang dipimpin kelompok Shiah.

Kementerian LN Iran menyampaikan protes keras kepada Dutabesar Yaman di Teheran, karena tidak melindungi kantor kedutaan asing di negaranya.

XS
SM
MD
LG