Tautan-tautan Akses

AS Sambut Keputusan Birma Ijinkan Suu Kyi Lakukan Perjalanan


Aung San Suu Kyi disambut meriah para pendukungnya di kota Bago, sebelum timur laut Yangon (14/8).

Aung San Suu Kyi disambut meriah para pendukungnya di kota Bago, sebelum timur laut Yangon (14/8).

Jubir Deplu AS Victoria Nuland mengatakan Amerika gembira dengan diperbolehkannya Suu Kyi melakukan perjalanan menemui para pendukungnya.

Amerika telah menyambut gembira langkah oleh penguasa Birma yang mengijinkan pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi melakukan perjalanan di dalam negeri dan berpidato di hadapan pendukungnya.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Victoria Nuland mengatakan Senin, Amerika gembira dengan pembicaraan Aung San Suu Kyi baru-baru ini dengan pemerintah Birma dan diperbolehkannya ia melakukan perjalanan. Nuland juga memuji pemerintah yang dipimpin kelompok sipil yang mulai berkuasa Maret lalu karena mengijingkan pemenang hadiah Nobel itu berbicara kepada para pendukungnya.

Pemimpin Liga Nasional untuk Demokrasi yang berusia 66 tahun itu telah menghabiskan sebagian besar dari dua dekade terakhir dalam tahanan dan isolasi. Ia dibebaskan dari tahanan rumah hanya setelah pemilihan November lalu.

Sejak dibebaskan ia melakukan dua tahap pembicaraan dengan seorang menteri dan ia melakukan lawatan politik di luar Rangoon pada Minggu.

Ratusan orang berbaris sepanjang jalan untuk menyambut Aung San Suu Kyi di kota Bago dan Thanatpin selama tur satu hari itu.


XS
SM
MD
LG