Tautan-tautan Akses

Presiden Birma Ajak Warganya di Luar Negeri Kembali ke Birma


Presiden Birma, Thein Sein

Presiden Birma, Thein Sein

Meskipun belum memberikan isyarat untuk membebaskan tahanan politiknya, pemerintah Birma menyampaikan keinginan bekerjasama dengan kelompok-kelompok oposisi untuk membangun kembali perekonomian negara itu.

Presiden Birma Thein Sein menghimbau warganya yang melarikan diri ke luar negeri untuk kembali ke tanah air dan membantu membangun kembali ekonomi negara itu. Ia mengatakan pemerintahnya siap melupakan perbedaan-perbedaan yang terjadi pada masa lalu.

Kin Shwe – seorang pengusaha terkemuka dan anggota parlemen – memberitahu VOA Siaran Birma bahwa Thein Sein menyampaikan gagasannya itu dalam pertemuan dengan para pengusaha dan organisasi-organisasi swasta sebelumnya Rabu ini.

Khin Shwe mengatakan Presiden Thein Sein juga memberitahu kelompok itu bahwa pemerintahnya ingin bekerjasama dengan kelompok-kelompok oposisi di dalam negeri demi kepentingan negara.

Seorang pejabat senior telah mengadakan dua kali pertemuan dengan pemimpin pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, tetapi pemerintah belum memberi isyarat apakah siap untuk membebaskan sekitar 2.100 tahanan politik.

XS
SM
MD
LG