Tautan-tautan Akses

AS Dakwa Puluhan Diplomat Rusia Lakukan Penipuan


Markas besar PBB di kota New York, AS (foto: dok). 49 diplomat Rusia yang bekerja sebagai perwakilan misi Rusia di PBB didakwa melakukan penipuan di AS.
Markas besar PBB di kota New York, AS (foto: dok). 49 diplomat Rusia yang bekerja sebagai perwakilan misi Rusia di PBB didakwa melakukan penipuan di AS.

Para diplomat dari misi Rusia di PBB di kota New York dikenai dakwaan telah berbohong tentang penghasilan mereka untuk mengeruk $1,5 juta tunjangan program Medicaid AS.

Tim jaksa Amerika mendakwa 49 diplomat Rusia dan anggota keluarga mereka melakukan penipuan dalam skema ilegal untuk mendapat tunjangan kesehatan yang ditujukan bagi masyarakat miskin.

Tim penyidik mengatakan para diplomat dari misi Rusia di PBB di New York telah berbohong tentang jumlah penghasilan mereka. Penipuan itu dilakukan untuk mengeruk 1,5 juta dolar AS tunjangan program Medicaid Amerika. Tunjangan itu mencakup asuransi biaya terkait dengan kehamilan, kelahiran dan perawatan bayi.

Masing-masing mereka didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan asuransi kesehatan dan satu tuduhan konspirasi untuk mencuri dana pemerintah Amerika.

Kantor berita Reuters melaporkan hanya sejumlah kecil mereka yang dikenai dakwaan itu masih tinggal di Amerika dan semuanya memiliki kekebalan diplomatik. Rusia harus memberi dispensasi sebelum penangkapan bisa dilakukan.

Juru bicara FBI Peter Donald mengatakan belum ada terdakwa yang ditangkap. Misi Rusia ke PBB tidak segera memberikan komentar atas dakwaan tersebut.
XS
SM
MD
LG