Tautan-tautan Akses

7 Staf PBB Tewas dalam Aksi Protes Pembakaran Quran di Afghanistan


Para demonstran meneriakkan slogan anti-Amerika dalam unjuk rasa di Kabul, Afghanistan, Jumat (1/4).

Para demonstran meneriakkan slogan anti-Amerika dalam unjuk rasa di Kabul, Afghanistan, Jumat (1/4).

Para pejabat Afghanistan mengatakan demonstran menyerbu kantor PBB dalam aksi protes terhadap pembakaran al Quran di AS.

PBB mengatakan tujuh staf asing tewas dalam serangan hari Jumat terhadap kompleks di Afghanistan utara setelah aksi protes menentang pembakaran kitab suci al-Quran berubah menjadi kekerasan.

Ketua penjaga perdamaian PBB mengatakan mereka yang tewas mencakup staf dari Swedia, Norwegia dan Rumania serta empat pengawal asal Nepal di kompleks Mazar-e-Sharif, ibukota provinsi Balkh. Dikatakan, tidak ada staf asal Afghanistan yang tewas.

Menurut para pejabat Afghanistan, puluhan orang cedera dan pihak berwenang mengatakan setidaknya 25 orang ditangkap setelah serangan itu.

Pejabat tertinggi PBB di Afghanistan, Staffan de Mistura, segera berangkat ke Mazar-e-Sharif.

Para pejabat Afghanistan mengatakan demonstran menyerbu kantor PBB dalam aksi protes terhadap pembakaran al Quran baru-baru ini oleh seorang pendeta Amerika di negarabagian Florida. Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengutuk pembakaran Quran itu, dan meminta Amerika agar menyeret mereka yang bertanggungjawab ke pengadilan.

Lebih dari seribu demonstran turun ke jalan-jalan di Mazar-e-Sharif setelah shalat Jumat. Para pejabat Afghanistan mengatakan aksi protes di luar misi PBB itu dimulai secara damai, tetapi beberapa demonstran menyerbu petugas keamanan kompleks itu, membunuh mereka. Polisi mengatakan pengunjuk rasa lalu masuk gedung, membakarnya, dan membunuh pegawai PBB di dalamnya.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk kekerasan itu dan menyebutnya sebagai "pengecut" dan “keterlaluan”. Presiden Amerika Barack Obama mengutuk serangan itu dalam istilah yang paling keras dan menyatakan belasungkawa kepada para korban dan keluarga mereka.

XS
SM
MD
LG