Tautan-tautan Akses

6 Badan PBB akan Kunjungi Kordofan Selatan, Sudan


Ribuan warga, PBB memperkirakan hingga 40.000 orang, terpaksa mengungsi untuk menghindari konflik dan kekerasan di Kordofan selatan (foto: dok.).

Ribuan warga, PBB memperkirakan hingga 40.000 orang, terpaksa mengungsi untuk menghindari konflik dan kekerasan di Kordofan selatan (foto: dok.).

Kunjungan itu dilakukan kurang dari seminggu setelah kantor HAM PBB menyerukan penyelidikan mengenai dugaan kejahatan perang di sana.

Sudan mengatakan enam badan PBB akan ambil bagian dalam sebuah misi yang dikelola oleh Khartoum ke Kordofan Selatan untuk menilai kebutuhan kemanusiaan di daerah yang dilanda konflik itu.

Duta Besar Sudan di PBB, Daffa-Alla Elhaf Ali Osman mengatakan, yang ikut serta dalam kunjungan itu adalah wakil-wakil dari badan-badan PBB yang kegiatannya terfokus pada isu-isu kesehatan, kemanusiaan dan anak-anak.

Dia mengatakan kunjungan ke Kordofan Selatan itu dilakukan kurang dari seminggu setelah kantor urusan HAM PBB menyerukan dilakukannya penyelidikan mengenai dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah itu.

Kantor HAM PBB juga mengatakan telah menerima laporan tentang terjadinya pembunuhan secara sembarangan, penjarahan luas dan banyaknya warga sipil terlantar di negara bagian itu.

Juga minggu ini, Proyek Sentinel yang berbasis di Amerika merilis gambar-gambar apa yang mereka katakan dua tumpukan mayat yang terbungkus dalam kantong mayat atau terpal di sebuah lereng gunung di negara bagian Kordofan Selatan.



XS
SM
MD
LG