Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Bantah Bantu Pemberontak di Kordofan Selatan


Penduduk berkumpul di depan kantor PBB di Sudan saat terjadinya bentrokan di Kadungli, ibukota Kordofan Selatan (6/9).

Penduduk berkumpul di depan kantor PBB di Sudan saat terjadinya bentrokan di Kadungli, ibukota Kordofan Selatan (6/9).

Sudan Selatan mengatakan konflik di negara bagian itu sebagian disebabkan perselisihan antara partai yang berkuasa di Sudan dan partai aliansi selatan SPLM.

Pemerintah Sudan selatan telah membantah tuduhan Sudan bahwa Selatan mendukung pemberontak di negara bagian perbatasan Sudan yang dilanda konflik.

Dalam pernyataan hari Rabu, Kementerian Luar Negeri Sudan Selatan mengatakan pihaknya sama sekali membantah tuduhan bahwa pihaknya mendukung pemberontak di negara bagian Kordofan selatan Sudan.

Sudan Selatan mengatakan konflik di negara bagian itu sebagian disebabkan perselisihan antara partai yang berkuasa di Sudan dan partai aliansi selatan SPLM yang terjadi setelah pemilu tahun lalu.

Sudan Selatan juga mendesak Sudan agar melaksanakan pasal-pasal perjanjian perdamaian tahun 2005 yang mengakhiri perang saudara utara-selatan Sudan yang lama itu, terutama pasal mengenai hak rakyat Kordofan selatan.

Sudan melontarkan tuduhannya terhadap Sudan Selatan dalam keluhan yang disampaikan hari Selasa kepada Dewan Keamanan PBB. Di Washington hari Rabu, Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan mereka prihatin akan tuduhan bahwa Sudan Selatan mungkin mendukung pemberontak di Sudan.

Departemen luar negeri Amerika itu juga menyatakan lagi keprihatinan atas laporan bahwa Sudan sedang melakukan pemboman daerah-daerah sipil di daerah perbatasan dan meminta kepada kedua pihak agar menghentikan permusuhan.

XS
SM
MD
LG