Tautan-tautan Akses

Angin Topan Kembali Landa Amerika


Tornado memporak-porandakan rumah penduduk di kota Woodward, Oklahoma (April 2012).
Tornado memporak-porandakan rumah penduduk di kota Woodward, Oklahoma (April 2012).

Angin topan kembali melanda Amerika.

Tornado melanda banyak bagian dunia, tetapi sering terjadi di Amerika. Saat ini musim badai itu telah mulai di Amerika. Tornado merusak dan menghancurkan ratusan rumah, dan bisa menimbulkan korban jiwa.

Para pakar mengatakan bahwa tornado paling sering terjadi di Amerika, rata-rata 1.000 setiap tahun. Badan Urusan Samudera dan Atmosfir Nasional (National Oceanic and Atmospheric) selalu mencatat adanya tornado. Katanya, tornado menewaskan 70 orang dan mencederai 1.500 lainnya di seluruh Amerika rata-rata tiap tahun.

Tornado bisa melanda dengan sedikit atau tanpa peringatan. Sebagian besar korban cedera disebabkan oleh benda-benda beterbangan yang menghantam mereka. Para pakar mengatakan bahwa tempat yang baik untuk menyelamatkan diri sewaktu terjadi topan adalah tempat perlindungan bawah tanah, atau ruang kecil tanpa jendela di bagian paling bawah gedung.

Sistem pelaporan tornado mencakup pengamatan dan peringatan. Tornado Watch berarti tornado mungkin akan terjadi di suatu daerah. Tornado warning berarti tornado sudah terlihat. Penduduk diberitahu agar segera mencari tempat perlindungan karena tornado sulit dilihat.

Tornado yang terjadi di lautan adalah angin puting beliung. Tetapi, daerah yang dilanda tornado jauh lebih kecil daripada topan yang mulai terbentuk di lautan.

Tornado bisa diukur dengan menggunakan informasi kecepatan angin dari sistem radar Doppler. Tornado bisa bergerak dari arah timur laut dengan kecepatan 32 sampai 64 kilometer per jam. Tetapi ada laporan bahwa tornado juga bisa bergerak ke arah lain dengan kecepatan 117 kilometer per jam.

Sebagian orang menjadikan kegiatan mengamati dan mengikuti tornado sebagai hobbi. Mereka disebut pemburu tornado atau pemburu topan. Karya mereka bisa dilihat dalam video-video tentang cuaca ekstrim yang semakin populer dalam siaran televisi dan internet.

Sebagian lagi melakukannya untuk membantu dokumentasi mengenai badai dan memperingatkan masyarakat. Tetapi, ada kelompok yang merupakan bagian dari tim peneliti cuaca.

Badan Cuaca Nasional mengatakan bahwa Amerika dilanda cuaca yang lebih buruk dibanding negara-negara lain. Salah satu sebabnya adalah karena Amerika lebih luas dibanding negara-negara lain. Disamping itu, Amerika punya banyak kawasan dengan keadaan yang berbeda yang menciptakan beragam cuaca. Amerika punya pantai dan padang pasir, dataran rendah dan pegunungan.

Daerah Pantai Barat di tepi Samudera Pasifik, relatif tenang. Tetapi, daerah Pantai Timur di tepi Samudera Atlantik, terkenal dengan angin topannya. Tornado terutama melanda negara-negara bagian Amerika sebelah tenggara.
XS
SM
MD
LG