Tautan-tautan Akses

Tornado Hantam Negara-Negarabagian di Tenggara Amerika


Warga berjalan di antara reruntuhan rumahnya setelah terjadinya tornado di Harrisburg, Illinois. Tornado menghantam beberapa kawasan di Amerika tenggara.

Warga berjalan di antara reruntuhan rumahnya setelah terjadinya tornado di Harrisburg, Illinois. Tornado menghantam beberapa kawasan di Amerika tenggara.

Laporan-laporan media menyebutkan terdapat korban yang menderita luka-luka dan beberapa kerusakan parah di dekat kota Louisville, Kentucky.

Pejabat-pejabat Dinas Cuaca Nasional Amerika mengatakan tornado menghantam negara-negarabagian Kentucky dan Indiana hari Jumat sementara cuaca buruk bergerak di atas wilayah tujuh negarabagian. Laporan-laporan media menyebutkan terdapat korban yang menderita luka-luka dan beberapa kerusakan parah di dekat kota Louisville, Kentucky.

Jumat pagi tornado menghantam negarabagian Alabama, sehingga sejumlah penduduk dibawa ke rumahsakit. Salah satu angin putting beliung itu merusak atap penjara bagi penjahat berat. Pihak berwenang mengatakan meskipun atap dan pagar penjara itu rusak parah, tidak satu pun dari lebih 2.000 narapidana melarikan diri.

Tornado yang menghancurkan melanda daerah Huntsville itu hampir setahun lalu. Segera setelah angin puting beliung hari Jumat menghantam dekat tempat yang sama, seorang penduduk Tara Dubose-Schmitt, guru dan ibu dua anak, dalam wawancara dengan VOA, mengatakan "Saya khawatir."

Tornado juga dikukuhkan di Tennessee tengah hari Jumat. Puluhan jurisdiksi sekolah menyuruh murid pulang lebih cepat untuk menghindari kemungkinan angin kencang, hujan deras, hujan es berukuran besar serta tornado.

Peringatan Tornado dikeluarkan di sejumlah kabupaten di Tennessee tengah dan timur. Cuaca ekstrem itu terjadi hanya dua hari setelah tornado menimbulkan kerusakan di bagian tengah dan selatan Amerika, menewaskan 13 orang. Badai berkekuatan tinggi menghantam berbagai kawasan di negarabagian Illinois, Missouri, dan Tennessee hari Rabu, dan menimbulkan tornado di Kansas dan Kentucky.

XS
SM
MD
LG