Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Dakwa Pria Yaman atas Tuduhan Dukung ISIS


Tim penjinak bom dari Polisi New York memeriksa kerusakan yang diakibatkan oleh ledakan bom di pusat penerimaan anggota militer di Times Square, New York, 6 Maret 2008 (Foto: dok).

Tim penjinak bom dari Polisi New York memeriksa kerusakan yang diakibatkan oleh ledakan bom di pusat penerimaan anggota militer di Times Square, New York, 6 Maret 2008 (Foto: dok).

Tuntutan itu mengatakan Mohamed Rafik Naji mengadakan perjalanan ke Turki dan Yaman untuk mencapai daerah-daerah yang dikuasai oleh ISIS, dan bahwa pacarnya mengirimkan uang kepadanya di Yaman beberapa kali

Seorang pria Yaman yang tinggal di Kota New York hari Senin (21/11) didakwa berusaha memberikan dukungan kepada Negara Islam atau ISIS.

Tuntutan pidana yang dibuka di pengadilan federal memberikan rincian tuduhan terhadap Mohamed Rafik Naji, 37 tahun, termasuk menyatakan dukungan untuk serangan di kawasan Times Square, New York mirip dengan yang yang terjadi di Nicem Perancis, yang diklaim oleh kelompok ISIS.

“Saya katakan jika ada truk, maksud saya sebuah truk sampah dan ada orang yang menyetirnya ke Times Square dan meremukkan orang-orang di sana,” demikian ujar Naji kepada seorang informan dalam salah satu dari beberapa rekaman pembicaraan. “Mereka menginginkan sebuah operasi di Times Square, kelompok pengintai sudah mengeluarkan sebuah bagan, ISIS sudah mengeluarkan bagan di Times Square,” lanjutnya.

Tim jaksa mengatakan kasus Naji itu termasuk status yang dibuatnya di Facebook yang menunjukkan dukungan bagi ISIS, salah satunya menampilkan video YouTube dari juru bicara kelompok militan yang menyerukan serangan terhadap sasaran sipil dan militer di negara-negara Barat.

Tuntutan itu mengatakan Naji mengadakan perjalanan ke Turki dan Yaman untuk mencapai daerah-daerah yang dikuasai oleh ISIS, dan bahwa pacarnya mengirimkan uang kepadanya di Yaman beberapa kali. Dokumen itu menyatakan bahwa informan tersebut memulai kontak di Facebook awal bulan Agustus 2015, dan bahwa keduanya pertama kali bertemu secara pribadi pada bulan Desember tahun itu dan lagi pada bulan Juli 2016. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG