Tautan-tautan Akses

Amerika Cabut Embargo Senjata Vietnam


Presiden AS Barack Obama (kiri) bersama Presiden Vietnam Tran Dai Quang mengadakan konferensi pers di Kompleks Istana Presiden, Hanoi, Vietnam (23/5).

Presiden AS Barack Obama (kiri) bersama Presiden Vietnam Tran Dai Quang mengadakan konferensi pers di Kompleks Istana Presiden, Hanoi, Vietnam (23/5).

Obama mengatakan Amerika juga akan membantu Vietnam untuk menanggulangi warisan perang dengan membersihkan ranjau darat dan bekas bahan kimia Agent Orange yang masih ada di Vietnam setelah perang antara kedua negara.

Amerika telah mencabut larangan penjualan senjata kepada Vietnam. Presiden Amerika Barack Obama mengatakan hal tersebut dalam jumpa pers di Hanoi dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang, hari Senin (23/5). “Amerika Serikat akan mencabut sepenuhnya larangan penjualan peralatan militer kepada Vietnam yang telah berlaku selama 50 tahun,” kata Presiden Obama.

Obama mengatakan Amerika juga akan membantu Vietnam untuk menanggulangi warisan perang dengan membersihkan ranjau darat dan bekas bahan kimia Agent Orange yang masih ada di Vietnam setelah perang antara kedua negara.

Agent Orange adalah campuran bahan kimia yang kuat untuk memusnahkan daun-daun pohon yang digunakan pasukan militer Amerika pada Perang Vietnam yang kemudian diketahui menyebabkan masalah kesehatan yang gawat, termasuk cacat bayi yang baru lahir, tumor, gatal-gatal dan kanker di kalangan penduduk Vietnam, serta tentara Amerika dan keluarga mereka.

Sebelumnya hari Senin, Obama dengan resmi disambut di Vietnam, puluhan tahun setelah kedua negara berperang selama bertahun-tahun.

Obama diterima dengan upacara kenegaraan oleh Quang di Istana Presiden di Hanoi.

Pertemuan pemimpin Amerika itu hari Senin dengan Presiden Vietnam dan pejabat tinggi lainnya adalah indikasi apa yang disebut para analis sebagai hubungan paling erat dalam sejarah antara kedua negara.

“Kunjungan ini adalah peningkatan signifikan dalam hubungan antara Amerika dan Vietnam sebagai mitra dalam banyak masalah,” kata Ben Rhodes, Wakil Penasehat Keamanan Nasional Amerika.

Obama berada di Vietnam dalam kunjungan tiga hari. Setelah Vietnam, ia akan bertolak ke Sepang. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG