Tautan-tautan Akses

AS

Obama Kunjungi Vietnam dan Jepang 


Burung merpati beterbangan di atas Taman Memorial Perdamaian di Hiroshima dengan Kubah Bom Atom pada latar belakang.

Burung merpati beterbangan di atas Taman Memorial Perdamaian di Hiroshima dengan Kubah Bom Atom pada latar belakang.

Lawatan Obama itu bertujuan untuk menekankan kembali komitmen AS untuk “menyeimbangkan” hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik.

Presiden AS Barack Obama telah meninggalkan Washington untuk memulai lawatan sepekan di Vietnam dan Jepang, perjalanannya ke-10 ke Asia sejak menjabat.

Air Force One lepas landas Sabtu siang (21/5) waktu setempat menuju Hanoi. Setelah singgah dua kali untuk mengisi bahan bakar, jet kepresidenan AS itu diperkirakan akan mendarat di ibukota Vietnam hari Minggu pagi.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan lawatan Obama ke Vietnam dan Jepang itu bertujuan untuk menekankan kembali komitmen AS untuk “menyeimbangkan” hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik.

Kunjungannya itu juga diperkirakan akan meningkatkan hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan AS dengan negara-negara itu dan rakyatnya.

Dalam kunjungannya di Jepang, hari Kamis dan Jumat mendatang, presiden akan singgah di Hiroshima, tempat bom atom pertama dunia diledakkan, tidak lama sebelum Jepang menyerah kepada AS untuk mengakhiri Perang Dunia Kedua. Obama akan menjadi kepala negara AS pertama yang mengunjungi lokasi pemboman itu. [vm]

XS
SM
MD
LG