Tautan-tautan Akses

Alan Rickman, Aktor dalam 'Harry Potter', Meninggal pada Usia 69 Tahun


Aktor Alan Rickman saat menghadiri Festival Film Internasional di Marrakech, Maroko 6 Desember 2014 (foto: dok).

Aktor Alan Rickman saat menghadiri Festival Film Internasional di Marrakech, Maroko 6 Desember 2014 (foto: dok).

Alan Rickman, pemeran Profesor Snape dalam film 'Harry Potter' dan sering tampil sebagai tokoh jahat dalam film-film Hollywood, meninggal pada usia 69 tahun akibat kanker di London, Kamis (14/1).

Salah satu aktor yang paling dicintai di Inggris, Alan Rickman, seorang seniman panggung dan aktor layar lebar, meninggal dunia pada usia 69 tahun di London, Kamis (14/1).

Keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyebab kematian Rickman adalah kanker.

Rickman lahir pada tahun 1946 dari keluarga kelas pekerja di London dan mendapat pendidikan akting di 'Royal Academy of Dramatic Art' yang bergengsi.

Dia kemudian menjadi salah satu aktor Inggris paling terkenal dengan karirnya yang panjang selama 30 tahun terakhir. Pada tahun 1995, ia menerima penghargaan "Emmy Award" dan "Golden Globe" untuk perannya sebagai seorang biksu gila dalam film produksi HBO "Rasputin".

Rickman memulai debut yang sangat sukses ketika berperan sebagai aktor panggung bersama Royal Shakespeare Company pada produksi tahun 1985 yang berjudul Les Liaisons Dangereuses.

Dari kesuksesan itu, Rickman kemudian bermain pada film-film layar lebar dalam berbagai peran, sering memerankan tokoh jahat dalam film seperti "Die Hard", dan dalam film serial "Harry Potter" di mana ia meraih banyak penggemar baru atas perannya sebagai profesor Severus Snape.

Perannya dalam beberapa film terakhirnya, termasuk sebagai Ronald Reagan dalam film "The Butler" dan mengisi suara karakter Blue Caterpillar (Ulat Biru) dalam sekuel "Alice in Wonderland" yang akan dirilis tahun ini.

Daniel Radcliff, pemeran utama film serial Harry Potter, menggambarkan Rickman sebagai orang yang "sangat baik, lucu, dan murah hati."

"Alan Rickman, tak diragukan lagi salah satu aktor terbesar yang saya pernah bermain bersama," kata Radcliff dalam sebuah pernyataan yang diposting online.

"Dia juga adalah salah satu aktor yang paling loyal dan paling memberikan dorongan yang pernah saya temui dalam industri film." [pp]

XS
SM
MD
LG