Tautan-tautan Akses

Aksi Kekerasan Warnai Pilpres Tahap Kedua di Pantai Gading


Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo mengacungkan tanda perdamaian dengan jarinya, pada sebuah acara kampanye di Abidjan.

Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo mengacungkan tanda perdamaian dengan jarinya, pada sebuah acara kampanye di Abidjan.

Aksi kekerasan fatal di jalanan dan perselisihan mengenai jam malam mewarnai beberapa hari terakhir kampanye.

TPS-TPS dibuka hari ini untuk pemilihan presiden Pantai Gading putaran kedua.

Persaingan antara presiden berkuasa Laurent Gbagbo dan penantangnya Alassane Ouattara berlangsung sangat ketat, dan beberapa hari terakhir kampanye diwarnai aksi kekerasan fatal di jalanan dan perselisihan mengenai jam malam.

Para saksi mengatakan tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka pada hari Sabtu ketika polisi bentrok dengan pendukung Ouattara di distrik Abobo, di Abidjan.

Ouattara meminta pendukungnya untuk mengabaikan jam malam yang diumumkan Presiden Gbagbo, dan mengatakan pemberlakuan jam malam akan membuat pihak berwenang bisa melakukan kecurangan pemilu.

Jam malam melarang warga berada di jalanan antara pukul 10 malam sampai 6 pagi pada Sabtu dan Minggu malam, lalu antara pukul 7 malam sampai 6 pagi pada tiga malam berikutnya. Gbagbo mengatakan jam malam dirancang untuk menjaga keamanan dan tidak akan mempengaruhi transparansi pemilu.

Kedua calon pada hari Sabtu bertemu dengan penengah regional, Presiden Burkina Faso Blaise Compaore. Setelah itu, mereka mengeluarkan pernyataan bersama yang mengimbau semua pihak agar tetap tenang dan menerima apapun hasil pemilu.

XS
SM
MD
LG