Tautan-tautan Akses

3 Pemimpin Afrika Barat Desak Transisi di Burkina Faso


Pemimpin militer Burkina Faso Isaac Zida (kiri) menyambut kedatangan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan di bandara Ouagadougou (5/11).

Pemimpin militer Burkina Faso Isaac Zida (kiri) menyambut kedatangan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan di bandara Ouagadougou (5/11).

Presiden Ghana John Mahama, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan Presiden Senegal Macky Sall akan tiba di Ouagadougou, ibukota Burkina Faso hari Rabu (5/11).

Tiga pemimpin Afrika Barat berada di Burkina Faso untuk mendesak para pemimpin militer negara itu untuk memenuhi janji mereka menyerahkan kekuasaan ke pemerintah transisi sipil.

Presiden Ghana John Mahama, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan Presiden Senegal Macky Sall dijadwalkan tiba di Ouagadougou hari Rabu.

Para pemimpin negara itu diperkirakan akan bertemu pemimpin sementara Burkina Faso, Letnan Kolonel Isaac Zida, dan para pemimpin oposisi.

Militer mengambil alih kekuasaan Jumat setelah presiden Blaise Compaore mundur dan melarikan diri ke negara tetangganya, Pantai Gading.

Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara mengatakan, Selasa, Compaore berada dalam keadaan baik dan bisa tinggal di negara itu selama diinginkan.

Zida telah berulangkali mengatakan ia akan segera mengalihkan kekuasaan.

Uni Afrika telah menyerukan agar pemerintah transisi sipil mengambil alih kekuasaan dalam waktu dua pekan.

XS
SM
MD
LG