Tautan-tautan Akses

Hamid Karzai: Barack Obama Janji akan Perangi Terorisme di Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan Presiden terpilih Amerika Barack Obama telah berjanji akan memerangi terorisme di Afghanistan dan wilayah itu.

Para pejabat dari kantor Karzai mengatakan, Obama menjanjikan itu dalam pembicaraan telepon Sabtu malam untuk meningkatkan bantuan Amerika ke Afghanistan.

Hari Jumat, Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan Amerika Serikat ingin mengirim sedikitnya empat brigade tempur tambahan ke Afghanistan mulai sekarang hingga awal tahun depan.

Para pejabat Afghanistan telah mengatakan pasukan asing tambahan yang dijanjikan untuk menumpas pemberontakan yang dipimpin Taliban, hendaknya dikirim ke dekat perbatasan Afghanistan dengan Pakistan, guna mencegah kaum militan memasuki negara itu.

Menteri Luar Negeri Afghanistan Rangin Dadfar Spanta mengatakan satu-satunya cara agar kehadiran pasukan asing tambahan dapat diterima adalah jika mereka bekerja sama dengan pasukan Afghanistan untuk membantu pemerintah merebut kembali kendali atas wilayah-wilayah yang dikuasai Taliban.

XS
SM
MD
LG