Tautan-tautan Akses

Karzai Tuntut Batas Waktu Operasi Militer dalam Pertemuan dengan PBB


Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan pada delegasi Dewan Keamanan PBB, masyarakat internasional harus menetapkan batas waktu untuk mengakhiri perang di negara itu. Kantor Karzai mengatakan tuntutan tersebut dikeluarkan dalam pertemuan hari Selasa dengan 15 delegasi DK PBB yang berkunjung ke Kabul.

Menurut para pembantunya Presiden Karzai menekankan, Afghanistan perlu mengetahui berapa lama serbuan militer pimpinan Amerika terhadap pemberontak akan berlangsung. Karzai mengatakan pemerintah Afghanistan punya hak untuk mencari penyelesaian politik terhadap konflik tersebut.

Delegasi PBB itu tiba di ibukota Afghanistan hari Senin untuk kunjungan tiga hari guna melihat kemajuan di bidang keamanan dan upaya pembangunan kembali setelah dilanda perang selama beberapa dekade.

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Robert Wood hari Selasa pagi mengatakan kepada wartawan di Washington, ia tidak bisa mengomentari pernyataan karzai karena belum melihat secara seksama laporan mengenai pernyataan itu. Namun Wood mengatakan Amerika bekerja sama dengan erat dengan Afghanistan untuk menyingkirkan ekstrimisme dan membangun kembali masyarakat Afghanistan.

XS
SM
MD
LG