Tautan-tautan Akses

Forum Sosial Dunia Sorot Gerakan Anti-Pemerintah di Mesir


Presiden Bolivia Evo Morales (foto: dok) adalah salah satu tokoh anti-kapitalis yang menghadiri Forum Sosial Dunia tahun ini.

Presiden Bolivia Evo Morales (foto: dok) adalah salah satu tokoh anti-kapitalis yang menghadiri Forum Sosial Dunia tahun ini.

Forum tandingan Forum Ekonomi Dunia ini, menyoroti perubahan sosial melalui gerakan anti-pemerintah yang berlangsung di Mesir.

Forum Sosial Dunia pada hari Minggu dibuka di ibukota Senegal, dengan fokus yang mengarah pada pada pemberlakuan perubahan sosial yang luas dan menarik perhatian selagi pemberontakan anti-pemerintah terus mengguncang Mesir.

Forum tahunan selama seminggu yang berlangsung untuk ke-11 kalinya ini, diadakan untuk mengimbangi Forum Ekonomi Dunia, yang baru diselenggarakan di Davos, Swiss. Para peserta dalam pertemuan Senegal ini menyatakan diri menentang kapitalisme dan globalisasi.

Forum Sosial Dunia dimulai dengan rapat umum melalui pusat kota Dakar dan dihadiri oleh Presiden Bolivia Evo Morales. Morales, seorang pahlawan gerakan anti-kapitalis, terpilih pada tahun 2005 dan merupakan pemimpin negara pertama dari suku asli pribumi.

Kantor berita Perancis mengatakan puluhan ribu orang berpartisipasi dalam forum ini, di mana banyak pembicara berkomentar mengenai peristiwa baru-baru ini di Mesir dan Tunisia.

XS
SM
MD
LG