Tautan-tautan Akses

Sall Disumpah Sebagai Presiden Baru Senegal


Presiden baru Senegal, Macky Sall, melambai kepada para pendukungnya dalam upacara pelantikan Presiden Senegal (2/4).

Presiden baru Senegal, Macky Sall, melambai kepada para pendukungnya dalam upacara pelantikan Presiden Senegal (2/4).

Presiden baru Senegal, Macky Sall, telah disumpah, menyelesaikan transisi kekuasaan yang lancar di negara Afrika Barat itu.

Presiden Macky Sall dilantik hari Senin dihadapan ribuan pejabat di dalam tenda yang dihiasi warna bendera Senegal, merah, kuning dan hijau.

Dalam sambutan singkat, dia berjanji akan menjunjung tinggi konstitusi dan hukum serta melindungi integritas wilayah dan kemerdekaan Senegal.

Pemimpin baru itu mengalahkan mantan Presiden Abdoulaye Wade dalam pemilu putaran kedua tanggal 25 Maret dengan sekitar 65 persen suara.

Wade, 85 tahun, telah membuat marah banyak rakyat Senegal dengan keputusannya meraih jabatan ketiga, meskipun konstitusi menetapkan batas jabatan dua kali. Kerusuhan selama kampanye pemilu menewaskan enam orang.

Konsesi Wade setelah kalah pemilu putaran kedua itu memperkuat reputasi Senegal sebagai negara demokrasi yang stabil. Ketidakstabilan tetap menjadi masalah di Afrika Barat, di mana empat tetangga Senegal mengalami kudeta atau upaya kudeta dalam lima tahun terakhir.

Presiden Sall berusia 50 tahun dan sebelumnya menghabiskan tiga tahun sebagai perdana menteri di bawah pemerintahan Wade.
XS
SM
MD
LG