Tautan-tautan Akses

Presiden Senegal Mengaku Kalah dalam Pemilu


Para pendukung oposisi Senegal merayakan kemenangan kandidat mereka,Macky Sall, di Dakar (25/3).

Para pendukung oposisi Senegal merayakan kemenangan kandidat mereka,Macky Sall, di Dakar (25/3).

Presiden Senegal Abdoulaye Wade telah mengaku kalah dalam pemilihan presiden babak kedua hari Minggu, yang mengakhiri usahanya yang kontroversial untuk masa jabatan ke-3.

Hasil tidak resmi putaran kedua pemilu presiden menunjukkan rakyat Senegal mendukung saingannya Macky Sall sebagai pemenang

Televisi pemerintah melaporkan bahwa Wade telah menelpon Sall beberapa jam setelah TPS ditutup untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya atas kemenangannya. Para pendukung Sall merayakannya di jalan-jalan ibukota Dakar.

Wartawan VOA Anne Look melaporkan bahwa dalam jumpa pers Minggu malam, Sall mengatakan pemilihan presiden itu menandakan zaman baru bagi Senegal dan bahwa ia akan menjadi presiden bagi semua warga Senegal.

Hasil resmi pemilihan itu baru akan dikeluarkan beberapa hari lagi, tetapi para pengamat memuji pemilihan tersebut. Mantan presiden Nigeria Olusegun Obasanjo memimpin misi peninjau Uni Afrika dan mengatakan kepada VOA pemilu itu transparan dan damai.

Sall adalah satu dari 13 calon oposisi dalam pemilihan babak pertama, yang memberi kepada Wade kemenangan dengan 35 persen suara. Calon-calon yang kalah memberi dukungan mereka kepada Sall, yang berjanji akan mereformasi pemerintah dan menurunkan harga-harga pangan pokok.

XS
SM
MD
LG