Tautan-tautan Akses

ASEAN, Uni Eropa Perjuangkan Perdagangan Bebas


Komisaris Urusan Perdagangan Uni Eropa Karel De Gucht

Komisaris Urusan Perdagangan Uni Eropa Karel De Gucht

Pejabat Uni Eropa Karel De Gucht menyerukan agar kedua pihak mengusahakan “kemajuan konkrit” dalam negosiasi perdagangan bebas kedua kawasan.

Komisaris Urusan Perdagangan Uni Eropa Karel De Gucht telah menyerukan hubungan ekonomi yang lebih erat antara Uni Eropa dan asosiasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Dalam sebuah konferensi antara pejabat-pejabat Uni Eropa dan ASEAN di Phnom Penh – ibukota Kamboja, De Gucht menyerukan para peserta agar mengusahakan “kemajuan konkrit” dalam negosiasi perdagangan bebas antara kedua kawasan.

De Gucht mencatat bahwa blok negara-negara Eropa telah memulai pembicaraan tentang kesepakatan perdagangan bilateral dengan Singapura dan Malaysia, dan segera akan memulai perundingan dengan Vietnam. Ia juga memberi jaminan kepada para pemimpin Asia bahwa masa terburuk dari krisis keuangan di Eropa telah berakhir.

Perdagangan antar kedua kawasan signifikan. ASEAN merupakan mitra dagang terbesar ketiga bagi Uni Eropa, sementara Uni Eropa merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi ASEAN.

Konferensi bisnis itu berlangsung menjelang KTT ASEAN pekan ini di Kamboja. Mesekipun kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa merupakan salah satu topik, namun masalah-masalah kawasan juga akan menjadi agenda pertemuan.

Beberapa anggota juga dilaporkan berupaya mengangkat masalah klaim atas Laut Cina Selatan yang kaya sumber alam. Tiongkok dan Taiwan mengklaim semua kawasan Laut Cina Selatan, sementara Filipina, Vietnam, Malaysia dan Brunei juga mengklaim sebagian dari wilayah itu.
XS
SM
MD
LG