Tautan-tautan Akses

Kekerasan di Suriah Tewaskan Sedikitnya 22 Orang


Kekerasan masih terus terjadi di Suriah(foto: dok).

Kekerasan masih terus terjadi di Suriah(foto: dok).

Kekerasan terjadi sementara para pemimpin dan utusan-utusan negara Arab membahas tanggapan atas krisis Suriah dalam KTT di Baghdad.

Kekerasan di Suriah menewaskan sedikitnya 22 orang - umumnya warga sipil – selagi para pemimpin negara Arab yang kini di Baghdad mendukung sebuah rencana perdamaian dalam KTT yang terfokus untuk menyelesaikan krisis yang sudah setahun di Suriah.

Aktivis HAM Suriah mengatakan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad menewaskan sedikitnya 16 warga sipil dalam serangan ke kubu oposisi di Suriah tengah dan di provinsi Idlib, Suriah utara, hari Kamis. Para aktivis mengatakan pemberontak menewaskan dua tentara dalam serangan ke provinsi Hama. Dalam kekerasan lainnya, kantor berita Suriah SANA mengatakan "teroris" menembak mati dua kolonel di kota Aleppo.

Para pemimpin dan utusan-utusan negara Arab membahas tanggapan atas krisis Suriah dalam KTT Baghdad - yang pertama diselenggarakan oleh Liga Arab di ibukota Irak itu, sejak invasi Irak ke Kuwait tahun 1990. Sebuah roket meledak di dekat Zona Hijau yang dijaga ketat di mana KTT itu berlangsung tapi tidak menimbulkan korban.

Para anggota Liga Arab meminta pemerintah Suriah dan pihak oposisi untuk melaksanakan persyaratan rencana perdamaian yang dirancang oleh utusan internasional, Kofi Annan. Rencana itu mendesak kedua pihak untuk memulai gencatan senjata dan dialog, tetapi tidak menghimbau Presiden Assad untuk mundur sebagai bagian dari sebuah transisi politik.
XS
SM
MD
LG