Tautan-tautan Akses

Diplomat Barat Skeptis atas Situasi Suriah


Gambar yang diambil dari video amatir ini menunjukkan tank militer di Deir el-Zour, Suriah (26/3). Diplomat Barat skeptis atas gencatan senjata di Suriah.Suriah meni

Gambar yang diambil dari video amatir ini menunjukkan tank militer di Deir el-Zour, Suriah (26/3). Diplomat Barat skeptis atas gencatan senjata di Suriah.Suriah meni

Louay Safi dari Dewan Nasional Suriah mengatakan hari Selasa kelompok itu tidak mempercayai rejim yang sekarang.

Diterimanya gencatan senjata yang dirancang oleh utusan PBB Kofi Annan oleh Suriah disambut skeptis oleh para diplomat Barat dan para tokoh oposisi Suriah, sementara pertempuran berlanjut antara pasukan pemerintah dan pemberontak.

Para anggota oposisi menuduh Presiden Suriah Bashar al-Assad menyetujui gagasan itu untuk memberi kesempatan bagi pasukannya untuk maju lagi guna menghabiskan daerah-daerah oposisi.

Louay Safi dari Dewan Nasional Suriah mengatakan hari Selasa kelompok itu tidak mempercayai rejim yang sekarang dan tidak merasa pasti apakah diterimanya gencatan senjata itu langkah politik atau tindakan sungguh-sungguh.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyebut penerimaan Suriah itu satu langkah awal yang penting dan mengatakan yang menentukan sekarang adalah tindakan.

Hillary Clinton mendesak baik pemerintah Suriah maupun oposisi agar mengambil langkah dalam beberapa hari mendatang untuk mengakhiri pertumpahan darah.

PBB mengatakan hari Selasa jumlah orang yang tewas dalam penindakan Suriah telah meningkat ke lebih 9000, peningkatan kira-kira 1000 atas taksiran sebelumnya badan dunia itu.

Dalam pidatonya kepada Dewan Keamanan PBB, utusan Amerika untuk Timur-Tengah Robert Serry mengatakan kekerasan di Suriah terus berlanjut tanpa henti dan ditingkatkannya pencegahan lebih jauh sengketa merupakan hal yang perlu segera dilakukan.
XS
SM
MD
LG