Tautan-tautan Akses

Tentara Suriah Serang Kubu Pemberontak, 13 Tewas


Pasukan Suriah kembali menggempur kubu pemberontak di kota Homs.

Pasukan Suriah kembali menggempur kubu pemberontak di kota Homs.

Pertempuran terjadi selagi negara-negara Arab memulai upaya diplomasi baru untuk mengakhiri konflik di Suriah.

Aktivis-aktivis Suriah mengatakan pasukan pemerintah telah menyerang beberapa kubu kelompok pemberontak, memicu pertempuran yang menewaskan 13 orang, selagi negara-negara Arab memulai upaya diplomasi baru untuk mengakhiri konflik di Suriah yang sudah berlangsung selama satu tahun.

Lembaga Pemantau HAM Suriah yang berkantor di Inggris hari Rabu mengatakan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar Al-Assad menyerbu kota Qalaat al-Madiq hari Rabu, setelah pengepungan selama lebih dari dua minggu. Lembaga itu mengatakan pasukan pemerintah juga memerangi para pemberontak di kota Rastan di Suriah Tengah dan Daraa di Selatan.

Aksi kekerasan tersebut berlanjut sehari setelah utusan internasional Kofi Annan mengatakan, Suriah telah menerima rencana perdamaiannya bagi gencatan senjata dan dialog antara pemerintah dan pasukan pemberontak. Ia telah mendesak pemerintah Suriah untuk mewujudkan rencana tersebut segera.

Menteri-menteri luar negeri Liga Arab menunjukkan dukungan bagi inisiatif perdamaian Kofi Annan pada pertemuan di Baghdad, dimana para pemimpin blok regional diharapkan akan menghadiri sebuah KTT hari Kamis. Sebuah rancangan resolusi yang disiapkan oleh para menteri luar negeri untuk memperoleh persetujuan KTT itu, menghimbau pemerintah Assad menghentikan serangan-serangan berdarah atas pihak oposisi dan mengijinkan demonstrasi damai.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG