26 Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di Kongo

Warga berkumpul dekat lokasi jatuhnya pesawat jenis Dornier 228-200 yang dioperasikan maskapai penerbangan Busy Bee. Pesawat jatuh di kawasan permukiman di Goma, Republik Demokratik Kongo, 24 November 2019. (Foto: Reuters)

Para pejabat urusan darurat di Republik Demokratik Kongo mengatakan sedikitnya 26 orang tewas ketika sebuah pesawat jatuh tak lama setelah lepas landas, Minggu (24/11).

Pesawat Dornier-228 berkapasitas 19 kursi, yang dioperasikan oleh perusahaan lokal Busy Bee, jatuh di daerah permukiman penduduk di dekat bandara Goma. Beberapa diantara korban adalah korban di darat ketika pesawat itu jatuh.

Pihak berwenang mengatakan 17 penumpang dan dua awak dalam pesawat tewas, serta tujuh orang di darat.

Pesawat itu sedianya menuju ke Beni, 350 kilometer di utara Goma.

Foto-foto pertama dari tempat kejadian memperlihatkan asap membumbung di atas permukiman, dengan beberapa rumah terbakar dan puluhan laki-laki menyemprotkan air untuk memadamkannya.

Perawatan pesawat yang buruk dan standar keamanan udara yang longgar dituding menyebabkan banyak kecelakaan pesawat di negara Afrika tengah itu. Tidak ada maskapai komersial Kongo, termasuk Busy Bee, yang diizinkan memasuki wilayah udara Uni Eropa karena kekhawatiran keamanan. [vm/pp]