'Spotlight' Menangkan Oscar Sebagai Film Terbaik

Para pemain dan awak film "Spotlight" menerima penghargaan sebagai film terbaik di ajang Oscar 2016 (Foto: Chris Pizzello/ AP)

Pemenang film terbaik untuk penghargaan Oscars tahun ini jatuh ke "Spotlight." Film ini berkisah tentang pelanggaran seks terhadap anak-anak dalam Gereja Katolik. Film ini mengalahkan pesaing-pesaing kuat seperti The Revenant, Mad Max, Room, dan Bridge of Spies.

Spotlight, film mengenai penyelidikan harian Boston Globe tentang pelanggaran seks terhadap anak-anak dalam Gereja Katolik, memenangkan hadiah Oscar sebagai film terbaik pada acara Academy Awards yang ke-88, dengan mengalahkan saingan-saingan kuat, antara lain, The Revenant, Mad Max, Room dan Bridge of Spies.

Leonardo DiCaprio mendapat sambutan tepuk-tangan meriah ketika ia memenangkan Oscar pertamanya Minggu malam. Aktor kawakan itu menang atas peran utamanya yang menggambarkan seorang perintis di hutan belantara yang dengan susah-payah menempuh beberapa kilometer salju untuk melakukan pembalasan. DiCaprio mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya pemain dalam filem itu dan awak yang bekerja di belakang layar untuk membuat film The Revenant atas keberhasilan mereka menciptakan “pengalaman sinematik yang sangat unik.” Ia juga memperingatkan dalam pidato penerimaan hadiahnya bahwa “perubahan iklim adalah sungguh-sungguh,” dengan mengemukakan bahwa para pembuat film The Revenant harus pergi ke ujung selatan planet ini hanya untuk mendapatkan salju.”

Sutradara Revenant Alejandro Inarritu memenangkan kategori sutradara terbaik untuk tahun kedua berturut-turut, setelah menang tahun lalu atas film Birdman. Disamping itu, Emmanuel Lubezki membuat sejarah dengan Oscar-nya yang ke-3 berturut-turut atas cinematography dalam filem The Revenant.

Brie Larson, yang sudah diperkirakan kalangan luas akan memenangkan Oscar sebagai aktris terbaik, tidak mengecewakan, dengan memenangkan hadiah itu atas perannya sebagai ibu yang diculik dalam filem Room. [gp]