Snowden Tuduh NSA Lakukan Spionase Industri

Edward Snowden menuduh NSA melakukan spionase terhadap industri bila dinilai terkait kepentingan nasional AS (foto: dok).

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Jerman hari Minggu (26/1), Edward Snowden menuduh badan keamanan nasional AS (NSA) melakukan spionase terhadap industri.
Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden menuduh lembaga NSA melakukan tindakan mata-mata terhadap dunia industri. Stasiun televisi Jermah ARD mengatakan Snowden menyampaikan tuduhan itu dalam wawancara yang disiarkan hari Minggu (26/1).

Dalam wawancara itu Snowden mengatakan “jika perusahaan industri raksasa seperti Siemens memiliki sesuatu yang diyakini NSA akan memberi manfaat pada kepentingan nasional – bukan keamanan nasional – Amerika, maka mereka akan menggali informasi tersebut dan mengambilnya”.

Wawancara ARD itu merupakan wawancara televisi pertama yang dilakukan Snowden sejak mengungkapkan program pengintaian besar-besaran NSA.

Snowden menghadapi tuduhan-tuduhan kejahatan besar di Amerika dan memperoleh suaka sementara dari Rusia.

Snowden juga mengatakan tidak akan terlibat dalam penerbitan dokumen-dokumen yang diambilnya dari bank data NSA. Ia menambahkan sudah tidak memiliki data apapun dari NSA.

Snowden mengatakan kepada ARD, informasi yang diperolehnya sebelumnya telah disebarkan kepada sejumlah – apa yang disebutnya – wartawan yang dapat dipercaya, yang akan memutuskan sendiri apakah akan menerbitkannya dan dalam rangkaian berita apa.

Snowden dituduh melakukan kejahatan besar di Amerika Serikat dan mendapat suaka sementara di Rusia.