Pakar PBB Kecam Peraturan Imigrasi Arizona

Demonstrasi menentang undang-undang imigrasi di Arizona dilakukan di berbagai kota di Amerika.

Para pakar HAM PBB itu kawatir UU imigrasi Arizona akan mendorong polisi menargetkan seseorang berdasarkan asal-usul etnisnya.

Enam pakar hak asasi PBB mengecam UU imigrasi baru negara bagian Arizona yang kontroversial dengan mengatakan kemungkinan akan mendorong polisi untuk menargetkan orang-orang berdasarkan asal-usul etnis mereka.

Pakar PBB tersebut menyuarakan keprihatinan mereka hari Selasa dalam sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan di Jenewa. Mereka mengatakan peraturan itu bisa menyebabkan diskriminasi terhadap orang-orang Meksiko, orang-orang pribumi dan minoritas lainnya di Arizona.

Para pejabat PBB itu mengatakan meskipun negara bagian punya hak untuk mengatur imigrasi serta mengambil langkah-langkah untuk menjaga perbatasan mereka, tindakan-tindakan itu harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip mendasar tanpa diskriminasi dan perlakuan manusiawi.

Para pakar PBB itu mengatakan negara harus menghormati dan menjamin hak asasi bagi semua orang yang berada dalam kewenangan hukum mereka tanpa diskriminasi.