Menhan Rusia Tinjau Markas Besar Militer di Krimea

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) bertemu para pejabat Rusia di Sevastopol, Krimea (24/3).

Tidak jelas berapa banyak tentara Ukraina lainnya yang beralih kesetiaan sejak pasukan Rusia menyerbu semenanjung itu awal bulan ini.
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu meninjau markas besar militer negara itu di Krimea, Senin (24/3), sementara pasukan Rusia merebut pangkalan militer terakhir Ukraina di semenanjung itu dan pasukan Ukraina mundur.

Penjabat presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov, memerintahkan penarikan itu karena menghadapi kehadiran militer Rusia yang jauh lebih besar di semenanjung itu. Ia mengatakan tindakan itu adalah tanggapan atas ancaman pasukan Rusia terhadap nyawa anggota tentara Ukraina dan keluarga mereka.

Senin malam, kantor berita Rusia Ria Novosti mengutip wakil perdana menteri Krimea mengatakan semua satuan militer di semenanjung itu sekarang di bawah kekuasaan militer Rusia.

Kunjungan Menteri Pertahanan Shoigu ke Sevastopol mencakup pertemuan dengan pembelot Laksamana Ukraina Denis Berezovsky, yang keluar dari Angkatan Laut Ukraina sebelumnya bulan ini dan bersumpah setia kepada Moskow. Berezovsky, yang menghadapi tuduhan berkhianat di Ukraina, sekarang menjabat sebagai wakil panglima armada Laut Hitam Rusia.

Tidak jelas berapa banyak tentara Ukraina lainnya yang beralih kesetiaan sejak pasukan Rusia menyerbu semenanjung itu awal bulan ini.