Mantan Utusan Vatikan Hadapi Dakwaan Pelecehan Seksual di Perancis

Uskup Agung Luigi Ventura, Mantan duta besar Vatikan untuk Perancis, diadili atas tuduhan pelecehan seksual. (Foto: dok).

Mantan duta besar Vatikan untuk Perancis diadili, Selasa (10/11), atas tuduhan pelecehan seksual. Beberapa pria menuduh Uskup Agung Luigi Ventura meraba-raba dan menyentuh mereka secara tidak pantas.

Tahun lalu, secara mengejutkan, Vatikan mencabut kekebalan diplomatik duta besar itu, sehingga memungkinkan berlangsungnya persidangan dan penyelidikan atas tuduhan-tuduhan itu. Ventura berulang kali membantah melakukan kesalahan.

Di antara para penuduh adalah seorang pria bernama Mathieu De La Souchere. Ia mengajukan laporan ke polisi di Paris pada 2019 yang menuduh Ventura menyentuh bokongnya berulang kali pada sebuah resepsi di Balai Kota Paris.

BACA JUGA: Vatikan Rilis Pedoman Penanganan Pelecehan Seksual

Vatikan memanggil pulang Ventura tahun lalu dan Ventura kemudian menyatakan pensiun. Vatikan biasa memanggil pulang para diplomatnya sewaktu mereka mendapat masalah selama penempatan di luar negeri.

Dalam sebuah kasus yang paling mendapat sorotan, Vatikan pernah memanggil duta besarnya untuk Republik Dominika dan bersiap untuk mengadilinya di pengadilan pidana negara kota itu karena diduga melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah anak laki-laki. Tapi duta besar itu meninggal sebelum persidangan dimulai.

Persidangan Ventura dilakukan pada hari yang sama ketika Vatikan merilis laporan yang sangat ditunggu-tunggu mengenai penyelidikan kasus Theodore McCarrick, seorang kardinal Amerika berpengaruh yang dicopot oleh Paus Fransiskus pada 2019 setelah penyelidikan Vatikan mengukuhkan desas-desus yang sudah bertahan puluhan tahun bahwa ia adalah seorang predator seksual. [ab/uh]