Letusan Sinabung dan Merapi

Gunung Sinabung di kabupaten Karo memuntahkan bahan vulkanik saat meletus, seperti terlihat di Tiga Pancur, Sumatera Utara (18/11). (AP/Mafa Yuli Ramadani)

Warga mengendarai sepeda motor dengan kepala ditutup plastik, di jalanan yang diselimuti abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung di Kuta Mbaru, Sumatera Utara. (AP/Mafa Yuli Ramadani)

Seorang perempuan membawa ember berisi tomat yang penuh abu di atas kepalanya di desa Mardingding, tak lama setelah Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik di kabupaten Karo (18/11).

Gunung Sinabung memuntahkan abu seperti terlihat di desa Sibintun di kabupaten Karo (18/11). 

Seorang petugas penyelamat di Cangkringan, dekat Yogyakarta (18/11), dengan latar belakang Gunung Merapi. (AP/Slamet Riyadi)

Gunung Merapi memuntahkan bahan vulkanik saat meletus, seperti terlihat dari Pakem dekat Yogyakarta (18/11). (AP/Slamet Riyadi)

Murid-murid Sekolah Dasar melakukan senam pagi di desa Berastepu, dengan latar belakang Gunung Sinabung yang meletus di di kabupaten Karo, Sumatera Utara (7/11). (Reuters/Tarmizy Harva)

Murid-murid mengenakan masker wajah untuk melindungi diri dari abu vulkanik, di sekolah mereka di desa Tiga Ndreket di kabupaten Karo, Sumatera Utara (6/11). (Reuters/Y.T. Hartono)