Kongres AS Cemaskan Keterbukaan Silicon Valley terhadap Investasi China

Senator AS, John Cornyn (Partai Republik-Texas) berbicara di gedung Capitol, Washington DC.

Sementara pemerintahan Trump menetapkan tarif terhadap impor dari China, sebuah perang dagang lain sedang bergolak, dan yang ini terkait upaya pemblokiran investasi China dalam perusahaan Amerika yang bekerja di bidang artificial intelligence atau AI, robotik, dan teknologi penting lainnya.

Beberapa teknologi ini berdampak terhadap keamanan nasional Amerika, demikian menurut laporan Departemen Pertahanan Amerika. Anggota kongres di Washington sedang mempertimbangkan untuk memperluas kajian Departemen Keuangan yang meninjau investasi dari entitas asing.

“Saya bisa pastikan bahwa ancaman China itu nyata, dan bahaya yang kami khawatirkan sudah berdampak,” kata Senator John Cornyn, Republik dari Texas, dan dia mensponsori penyusunan UU Modernisasi Tinjauan Risiko Investasi Asing, sebuah RUU yang akan memperkuat kajian yang sekarang dilakukan.

“Kalau kita tidak mengambil tindakan maka konsekuensinya bisa negatif, dan kita harus melakukan pencegahan konsekuensi negatif di masa depan terhadap negara kita,” tandas Cornyn. [jm/vm]