Hasil Awal: Perdana Menteri Irak Bersaing Ketat dengan Mantan Perdana Menteri

Hasil sebagian pemilihan parlemen Irak memperlihatkan koalisi Nouri al-Maliki bersaing ketat dengan faksi Iyad Allawi.

Hasil-hasil sebagian dari pemilihan parlemen Irak memperlihatkan koalisi Perdana Menteri Nouri al-Maliki dalam persaingan ketat dengan faksi mantan Perdana Menteri Iyad Allawi, dalam apa yang disebut sebagian orang penghitungan suara yang curang.

Para pejabat pemilihan mengatakan koalisi Maliki, Negara Hukum, yang dipimpin Syiah, unggul di Babil dan Najaf, provinsi-provinsi di Irak Selatan yang penduduknya sebagian besar adalah warga Syiah. Sementara itu faksi Allawi, Iraqiya, yang sekuler, unggul di Diyala dan Salahuddin. Keduanya adalah dua provinsi di sebelah utara Baghdad dimana ia banyak mendapat dukungan dari warga minoritas Suni Irak. Sementara itu, Aliansi Kurdi unggul di provinsi Irbil, Irak utara.

Komisi pemilihan mengumumkan hasil-hasil dari lima diantara 18 provinsi Irak hari Kamis setelah menghitung 30 persen suara di provinsi-provinsi tersebut. Para pejabat Irak berencana hendak mengumumkan hasil terakhir dari pemilihan parlemen hari Minggu selambat-lambatnya akhir bulan ini