Direktur CIA Tak Tahu Apakah Rusia akan Gunakan Kekuatan di Ukraina

Direktur CIA William Burns, kiri, di samping Direktur Badan Keamanan Nasional Jenderal Paul Nakasone, di komite Intelijen DPR pada 27 Oktober 2021, l di Washington. Foto: AP)

Dalam konferensi CEO Wall Street Journal pada Senin (6/12), Direktur CIA William Burns mengatakan, "Kami tidak tahu bahwa Putin telah memutuskan akan menggunakan kekuatan," di Ukraina. Ia menambahkan, "Yang kami tahu, dia menempatkan militer Rusia, pasukan keamanan Rusia di lokasi di mana mereka bisa bertindak dengan sangat cepat."

Presiden Amerika Joe Biden akan memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang konsekuensi ekonomi yang parah jika Rusia tetap menginvasi Ukraina, kata seorang pejabat senior pemerintah Amerika.

Boneka kayu tradisional Rusia bernama Matreska dari Presiden Rusia Vladimir Putin, tengah, dan Presiden AS Joe Biden, kanan tengah, di toko suvenir di Moskow, Rusia, Senin, 6 Desember 2021. (Foto: AP)

Biden dan Putin akan melakukan percakapan telepon video pada Selasa (7/12) sementara Amerika berusaha mencegah Rusia meluncurkan aksi militer terhadap Ukraina setelah Moskow mengerahkan puluhan ribu tentara ke perbatasan Ukraina.

Biden Senin berbicara dengan para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris menjelang percakapan itu. Mereka membahas "keprihatinan bersama akan semakin banyaknya militer Rusia di perbatasan Ukraina dan retorika Rusia yang semakin keras." Mereka juga meminta Rusia agar meredakan ketegangan.

Burns juga berbicara tentang China dan Taiwan. Ia menilai pembicaraan baru-baru ini tentang program nuklir Iran "sama sekali tidak menggembirakan." [ka/rs]