80 Anggota DPR AS Tolak Pendanaan UU Layanan Kesehatan

Ketua DPR AS, John Boehner dan para pemimpin partai Republik seusai memberi keterangan kepada media di Gedung Capitol, 9 Juli 2013 (Foto: dok). 80 anggota partai Republik meminta agar ketua DPR John Boehner menolak legislasi apapun yang akan mengakomodasi undang-undang layanan kesehatan baru (23/8).

Lebih dari sepertiga anggota partai Republik di DPR Amerika mendesak pemimpin mereka agar mendorong penghentian kegiatan pemerintah daripada mendanai Obamacare, Kamis (22/8).
Surat dari 80 anggota partai Republik meminta agar ketua DPR John Boehner menolak legislasi apapun yang akan mengakomodasi undang-undang layanan kesehatan baru, yang mendekati tahap kritis, yakni pendaftaran jutaan orang Amerika untuk mendapatkan asuransi kesehatan.

Karena jelas bahwa Presiden Barack Obama dan Senat yang dikuasai golongan Demokrat akan menolak tuntutan itu, para pemimpin kedua partai mengatakan kebuntuan itu kemungkinan besar akan mengakibatkan penghentian sebagian kegiatan pemerintah federal, serupa dengan yang terjadi pada tahun 1995 dan 1996.

Sejauh ini Boehner dan beberapa pemimpin partai Republik lainnya menganggap penghentian kegiatan pemerintah secara politis tidak bijak.

Tahun fiskal 2013 akan berakhir 30 September. Dana baru harus sudah dianggarkan ketika itu untuk menghindari penghentian kegiatan banyak kantor dan badan pemerintah.