Bahaya Pencahayaan Berlebihan

Kota Chicago di AS di waktu malam. Rata-rata dalam setahun Amerika menggunakan 120 terawatt-jam energi, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik kota New York selama dua tahun. 

Banyak pencahayaan di dunia membuang-buang energi karena secara langsung bersinar ke arah antariksa seperti terlihat dalam gambar satelit gabungan. (NASA)

Cahaya yang menyilaukan dari pencahayaan luar ruangan yang buruk menurunkan penglihatan dengan mengurangi kontras. (Jim Richardson)

Lampu-lampu yang menghiasi gedung di Washington, DC, mengirim cahaya ke angkasa. (Jim Dougherty, International Dark Sky Association)

Çin'de çay tarlasında yoga.

Pom bensin dengan cahaya berlebihan ke semua arah. (Pete Strasser, International Dark Sky Association)

Dengan penambahan aksesroris, pencahayaan di pom bensin diarahkan ke bawah, menghasilkan cukup cahaya untuk melihat. (Pete Strasser, International Dark Sky Association)

Silau cahaya dari lampu yang terlalu terang menciptakan bayangan tempat penjahat dapat bersembunyi. (George Fleenor)

Seorang penyusup terlihat ketika cahaya dikurangi. (George Fleenor)

Lampu LED mengarahkan cahaya ke tempat yang diperlukan. (Jim Dougherty, International Dark Sky Association)

Beberapa langit yang masih gelap di dunia ada di padang pasir Atacama di Chile. (ESO/Babtafreshi)

People perform yoga at a tea plantation in Enshi, Hubei province, China.

Pencahayaan berlebihan ternyata tidak aman, buruk untuk kesehatan -- mengganggu pola tidur, mempengaruhi hormon dan terkait dengan beberapa kanker -- dan mengganggu ekosistem, menghambat siklus pertumbuhan tanaman dan berperan dalam perubahan iklim.