AS Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak Buatan Iran Di Suriah

FILE - Sepasang pesawat tempur F-15E Strike Eagles Angkatan Udara AS terbang di atas Irak utara setelah melakukan serangan udara di Suriah, dalam foto yang dirilis Angkatan Udara A.S. ini.

Sebuah pesawat tempur Amerika menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak yang dipersenjatai milik rezim Suriah Selasa dini hari. Katanya pesawat tak berawak itu mendekati pasukan koalisi di Suriah selatan, demikian pejabat militer.

Juru bicara Pentagon Kapten AL Jeff Davis mengatakan pesawat F15E Strike Eagle menembak jatuh pesawat tak berawak Shahed buatan Iran pada pukul 12:30 pagi ketika mendekati sebuah pos tempur koalisi dekat al-Tanf, dimana Amerika melatih milisi lokal yang sedang memerangi ISIS.

Kata Davis, “kami tidak memancing konflik dengan pihak lain di Suriah, kecuali ISIS, tetapi kami tidak akan ragu-ragu membela diri, juga membela mitra kami kalau perlu,” katanya kepada reporter di Pentagon.

Selama ini Amerika dan Rusia mempergunakan hotline untuk saling memberitahu operasi udara dan mencegah kesalah fahaman antara kedua kekuatan besar ini, tetapi menurut Davis, kontak itu tidak sempat dimanfaatkan Selasa akibat mendesaknya ancaman yang ada.[jm]