AS Siapkan Bantuan Darurat untuk Bencana Banjir Korut

Hubungan AS dan Korea Utara sedikit membaik setelah pembicaraan bilateral di New York (28/7) dengan delegasi nuklir Pyongyang yang dipimpin Kim Kye Gwan (tengah).

Deplu Amerika menyediakan sampai 900 ribu dolar AS bantuan untuk bencana banjir di provinsi Kangwon, dan Hwanghae Utara dan Selatan.

Amerika Serikat mengatakan mereka akan menyediakan kepada Korea Utara sampai 900 ribu dolar bantuan banjir darurat, dan ini merupakan tanda terbaru meredanya ketegangan antara kedua negara.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Kamis mereka akan menyumbang bahan pertolongan kepada provinsi-provinsi Kangwon, dan Hwanghae Utara dan Selatan.

Amerika mengatakan penyediaan bantuan kemanusiaan itu terpisah dari keprihatinan politik dan keamanan dan menunjukkan keprihatinan Amerika bagi kesejahteraan rakyat Korea Utara.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan bantuan itu akan disalurkan melalui organisasi LSM Amerika. Sebelumnya bulan ini, media Korea Utara mengatakan banjir baru-baru ini di negara itu yang disebabkan hujan lebat, menewaskan 30 orang dan ribuan orang kehilangan rumah.

Tawaran bantuan itu menyusul pembicaraan antara diplomat Amerika dan Korea Utara di New York bulan lalu sementara Amerika Serikat mengukur keadaan untuk dilanjutkannya perundingan internasional mengenai pengakhiran program nuklir Korea Utara.