UE Optimis KTT Pekan Ini Akan Setujui Reformasi Kelembagaan

Para menteri luar negeri Uni Eropa mengemukakan optimisme mereka perjanjian yang sudah lama ditunggu tentang mereformasi kelembagaan organisasi ini akan disetujui pada KTT dalam pekan ini nanti.

Menteri luar negeri Polandia, Anna Fotyga mengatakan kepada wartawan hari Senin di Luxembourg bahwa ia berpendapat para perunding sudah dekat mencapai suatu terobosan. Menteri luar negeri Jerman, Frank Walter-Steinmeier mengatakan kepada kantor berita Reuter bahwa ia juga yakin suatu kesepakatan dapat dicapai pekan ini.

Perundingan mengenai formasi itu macet seputar awal tahun ini karena Polandia, Republik Ceko dan Lithuania mengancam akan memveto rancangan perjanjian karena memuat perubahan dalam sistem voting atau pemberian suara.

Para wakil ketiga negara mengatakan perubahan dalam sistem voting Uni Eropa akan menguntungkan negara-negara yang besar jumlah penduduknya. Kompromi pada saat-saat terakhir menyepakati perubahan sistem voting itu ditunda dulu sampai tahun 2017.

Perjanjian baru adalah untuk mengganti perjanjian lama yang gagal karena ditolak oleh pemberi suara di Prancis dan Belanda.