Tautan-tautan Akses

AS

Wamenlu AS Dijadwalkan Bertemu Duta Besar Baru China


Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman terlihat selama kunjungannya ke Patriarkat Ortodoks di Istanbul, Turki, 29 Mei 2021. (Foto: Ozan Kose via REUTERS)

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Wendy Sherman, Kamis (12/8), dijadwalkan bertemu dengan duta besar baru China untuk Washington. Pertemuan itu dilakukan ketika dua ekonomi terbesar dunia itu menavigasi hubungan yang sangat tegang.

Pertemuan Sherman dan Qin Gang direncanakan berlangsung pada sore hari di Departemen Luar Negeri di Washington, kata departemen itu, Rabu (11/8) saat mengumumkan jadwalnya kepada publik untuk hari berikutnya.

Qin Gang berbicara dalam sebuah acara di Beijing. (Foto: AFP)
Qin Gang berbicara dalam sebuah acara di Beijing. (Foto: AFP)

Qin Gang, usia 55 tahun yang telah memiliki reputasi karena sering menunjukkan pembelaan publik atas posisi negaranya, memberikan nada optimis saat tiba di Washington pada akhir Juli lalu untuk menduduki jabatannya. Gang mengungkapkan potensi besar menanti hubungan bilateral kedua negara.

Pada minggu terakhir bulan Juli 2021, Sherman mengadakan pembicaraan tingkat tinggi di China yang berakhir dengan kedua belah pihak mengisyaratkan yang lainnya harus membuat konsesi untuk memperbaiki hubungan.

Qin sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri luar negeri, yang baru-baru ini memiliki cakupan portofolio untuk urusan dan protokol Eropa. Ia juga memegang jabatan sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri China antara tahun 2006 dan 2014.

Qin menggantikan duta besar terlama China untuk Amerika Serikat, Cui Tiankai, usia 68 tahun, yang bulan lalu mengumumkan kepulangannya setelah delapan tahun bertugas di Washington DC. [mg/ah]

XS
SM
MD
LG