Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Pertimbangkan Respons Hukum dan Keuangan Terhadap Polandia


Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Strasbourg, Prancis, 15 September 2021. (Yves Herman, Pool via AP)

Komisi Eropa sedang mempertimbangkan kemungkinan respons hukum dan keuangan setelah mahkamah konstitusi Polandia menantang supremasi hukum Uni Eropa, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Selasa (19/10).

Berbicara dalam pertemuan anggota parlemen Uni Eropa di Strasbourg, von der Leyen mengatakan keputusan pengadilan Polandia awal bulan ini adalah “tantangan langsung terhadap persatuan Uni Eropa.” "Kita tidak bisa dan kita tidak akan membiarkan nilai-nilai bersama kita terancam," katanya.

Para hakim pengadilan tertinggi Polandia memutuskan bahwa konstitusi nasional memiliki keunggulan di atas hukum Uni Eropa.

Ketegangan yang meningkat antara Polandia dan Uni Eropa memicu spekulasi bahwa Polandia, yang bergabung dengan blok tersebut pada tahun 2004, mungkin akan mengundurkan diri.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, Selasa (19/10), mengatakan bahwa walaupun tidak akan terintimidasi, negaranya mematuhi perjanjian Uni Eropa dan mengharapkan dialog yang konstruktif tentang masalah ini. [ka/ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG