Tautan-tautan Akses

Rajapaksa Diambil Sumpahnya Sebagai Presiden Baru Sri Lanka


Presiden Sri Lanka yang baru terpilih, Gotabaya Rajapaksa berpidato seusai upacara pengambilan sumpah di kuil Budha Ruwanweli Seya 140 SM di di kerajaan kuno Anuradhapura, Sri Lanka utara, Senin, 18 November 2019.

Gotabaya Rajapaksa telah dilantik menjadi presiden baru Sri Lanka.

Dalam pidatonya hari Senin di Kuil Buddha Ruwanwell Seya di wilayah utara-tengah negara itu, Rajapaksa mendesak komunitas minoritas Tamil dan Muslim yang menentangnya untuk bekerja sama dengannya.

Kedua komunitas itu telah menyatakan keprihatinan dalam kampanye presiden tentang kemenangan bagi Rajapaksa, seorang mantan pejabat garis keras departemen pertahanan di bawah pemerintahan kakaknya, mantan Presiden Mahinda Rajapaksa.

Presiden yang baru dilantik itu berjanji dalam pidatonya Senin (18/11) bahwa keamanan nasional akan menjadi prioritas utama pemerintahannya. Sri Lanka diguncang oleh serangan bom bunuh diri yang diilhami oleh ISIS pada Hari Paskah lalu yang menewaskan 269 orang.

Pemimpin baru yang berusia 70 tahun itu mengawasi kekalahan militer separatis Tamil 10 tahun lalu.

Lawan Rajapaksa dalam pemungutan suara Sabtu adalah Sajith Premadasa,52 tahun, putra mantan presiden Ranasinghe Premadasa yang dibunuh pada Mei 1993. [ab/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG