Tautan-tautan Akses

Perusahaan Rintisan  Inggris Tawarkan Kendaraan Listrik Hasil Hibrida Sepeda dan Mobil


Northern Light Motors (Facebook/428ebike)
Northern Light Motors (Facebook/428ebike)

Sebuah perusahaan rintisan di Inggris menciptakan kendaraan yang merupakan hasil perpaduan  antara sepada dan mobil.  Perusahaan itu berharap, kendaraan hibridanya ini bisa membuka jalan bagi terciptanya mobil-mobil listrik  dengan harga yang  lebih terjangkau.  

Northern Light Motors, perusahan rintisan tersebut, mengklaim bahwa kendaraannya sangat hemat energi dan biaya produksinya jauh lebih kecil daripada mobil listrik konvensional..

Ada tiga model yang ditawarkan, yakni 428, 557 dan 630. Yang pertama, dengan harga mulai $4.800, digerakkan oleh pedal. Yang kedua, digerakkan dengan pedal dan baterai 10AH 48 volt, sehingga bisa menjangkau jarak hingga 80 kilometer dalam satu pengisian tenaga listrik.

Yang terakhir, yang sepenuhnya listrik, ditawarkan dengan harga mulai $7.450, dilengkapi dengan motor bertenaga 1,5 killowatt dan baterai 20AH 48 volt.

Graham Browne adalah pendiri Northern Light Motors. Ia mengatakan,“Pada intinya, kendaraan ini menjembatani kesenjangan antara sepeda dan mobil. Saya pikir elemen kuncinya adalah, seperti yang saya katakan, persyaratan bagasi, elemen keselamatan, dan juga aerodinamis.”

Desain kendaraan yang aerodinamis mencakup lampu dan semua indikator, serta bagian depan dan belakang kendaraan yang bertindak seperti kepompong penyelamat.

"Ini jauh lebih aman daripada mengendarai sepeda listrik atau moped. Tingkat keamanannya berada antara moped dan mobil," jelasnya.

Browne sesumbar, dibandingkan dengan kendaraan roda tiga listrik C-5 yang diciptakan Sir Clive Sinclair pada tahun 1980-an, kendaraan ciptaannya jauh lebih baik.

“Itu 40 tahun yang lalu. Kendaraan tersebut dilengkapi baterai asam timbel. Itu sungguh terbelakang. Teknologi telah berkembang pesat sejak saat itu. Jika saja kami dapat menjual 12.000 kendaraan ini, seperti yang dilakukan Clive Sinclair dengan C-5, saya akan sangat senang,” jelasnya.

Northern Light Motors memulai produksi penuhnya musim panas ini. Model 630 sendiri baru bisa ditawarkan kepada umum awal tahun depan. [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG